Masalah-Masalah yang Sering Dihadapi Oleh Pengiklan

Semenjak saya aktif bermain di forum-forum Google Ads mulai akhir tahun 2017, ada beberapa masalah yang paling sering dihadapi oleh pengiklan khususnya pemula.

Di artikel ini saya mau kumpulkan masalah-masalah tersebut, sehingga diharapkan tulisan ini bisa memberikan informasi yang dibutuhkan khususnya untuk anda yang mungkin saat ini sedang mengalami salah satu dari masalah di bawah ini.

Iklan Tidak Disetujui

Google punya banyak aturan yang berkaitan dengan iklan. Sesaat anda membuat iklan, Google selalu akan mereview iklan anda dan jika iklan anda melanggar salah satu dari kebijakan yang sudah ditetapkan maka iklan tersebut tentu saja tidak akan ditayangkan alias ditolak.

Jika saat ini anda punya masalah dengan iklan yang tidak setujui, baca lebih lanjut tentang cara memperbaiki iklan yang tidak disetujui.

Iklan Ditolak Karena Malware

Masalah ini disebabkan oleh website anda yang terserang malware atau virus. Walaupun halaman yang terserang malware bukan halaman yang anda iklankan tapi Google tetap akan menolak iklan anda. Google ingin memastikan keseluruhan halaman dan konten website anda bersih dari malware jenis apapun. Jika anda memiliki masalah seperti ini, silahkan baca lebih lanjut tentang iklan ditolak karena malware.

Penangguhan Akun

Google akan menangguhkan akun anda jika dianggap melanggar Google Ads Policies ataupun Google Ads Terms and Conditions secara fatal atau berulang-ulang. Ketika akun dalam kondisi ditangguhkan semua iklan akan dinonaktifkan dan pengiklan tidak akan bisa membuat konten apapun. Solusi untuk masalah penangguhan akun, anda perlu mengajukan banding kepada tim kebijakan Google Ads. Baca selengkapnya tentang kenapa akun saya ditangguhkan.

Sudah Transfer Tapi Uangnya Belum Masuk

Masalah ini  khususnya buat anda yang menggunakan metode pembayaran transfer dana lewat bank atau ATM (bukan menggunakan kartu kredit). Dana yang anda transfer memang tidak akan langsung masuk ke akun anda. Proses transfer dana bisa membutuhkan waktu 2-3 hari kerja. Baca lebih lanjut tentang kenapa uang saya belum masuk.

Pesan Balance is exhausted (Saldo habis) Kenapa Masih Ada

Seringkali anda tetap melihat notifikasi “Balance is exhausted – Your balance is exhausted, so your ads have stopped running. To get your ads running again, make a payment to add money to your account.” Padahal uang yang anda transfer sudah masuk ke akun anda. Notifikasi tersebut memang biasanya tidak langsung hilang saat saldo baru saja masuk ke akun anda. Itu biasa hanya keterlambatan dari sistem dan tidak mempengaruhi penayangan iklan. Baca selengkapnya tentang balance is exhausted.

Masalah-masalah lainnya seperti akun disuspend karena pembayaran yang mencurigakan, banyak click tapi tidak ada conversion, dll insya Allah saya bisa segera tambahkan di artikel ini. 🙂

5 thoughts on “Masalah-Masalah yang Sering Dihadapi Oleh Pengiklan”

  1. Hi mas,

    Jika ada 2 kelompok keyword, misal :

    Kelompok 1

    Jasa landing page
    Jasa landing page murah
    dst

    Kelompok 2

    Jasa pembuatan landing page
    Harga jasa pembuatan landing page
    Dst

    Apakah perlu dipisah dalam 2 ad group ? Atau cukup di 1 ad group ?

    Satu lagi,

    Dengan prinsip diatas, artinya lebih baik bikin banyak ad group, dengan masing2 ad group fokusnya spesifik ya mas ? Dibanding bikin sedikit ad group dan fokusnya terlalu melebar ( semua dicampur )

    Reply
    • Dari 4 contoh keyword di atas, kondisinya masih setema, sehingga bisa digabung dalam 1 ad group. Yang penting masing-masing ad group memiliki tema keyword yang masih sama seperti: Jasa landing page dan Jasa landing page murah.

      Reply
  2. Mas, di search term, saya lihat ada beberapa keyword yg potensial ( kata2nya relevan ). Impression dan click beberapa jg bagus. Search volume saya cek beberapa bagus.

    TAPI conversionnya TIDAK pernah ada yg banyak. Paling banyak 2-3 doang. Ini memang real sedikit ya ? Atau karena blm di add ke keyword makanya blm perform ?

    Jadi seringkali saya ragu mau memasukkan keyword ini ke list keyword yg sedang berjalan. Atau bagaimana seharusnya mindset dlm melihat search term ini ?

    Reply

Leave a Comment