Malicious or Unwanted Software (perangkat lunak berbahaya atau tidak diinginkan) atau biasa juga dikenal sebagai malware yang berbahaya dan bisa mengakses secara tidak sah ke dalam sistem komputer, perangkat, atau jaringan. Contohnya: virus komputer, ransomware, worm, trojan horse, rootkit, keyloggers, dialer, spyware, rogue security software, dan program berbahaya lainnya.

Contoh iklan atau website yang melanggar Unwanted Software Policy seperti: tidak transparan mengenai fungsionalitas dari software tersebut termasuk proses instalasinya, tidak memberikan Terms of Service atau End User License Agreement, menggabungkan software tanpa sepengetahuan pengguna, membuat perubahan sistem tanpa persetujuan pengguna, menyulitkan pengguna untuk menonaktifkan atau menghapus software tersebut, tidak menggunakan Google API dengan benar saat berhubungan dengan layanan atau produk milik Google.

Jika iklan anda ditolak dengan alasan Malicious or Unwanted Software, anda dapat memperbaikinya dengan melakukan beberapa langkah berikut:

Langkah 1: Cek status website anda pada Google Search Console. Jika anda belum menggunakan Google Search Console, silahkan daftarkan website anda terlebih dahulu dan lakukan verifikasi. Jika Search Console tidak melaporkan adanya masalah, website anda masih mungkin memiliki masalah keamanan yang hanya terdeteksi oleh sistem Google Ads. Anda juga dapat berkonsultasi dengan penyedia hosting yang anda gunakan atau menggunakan tool seperti Stop Badware atau Sucuri untuk menyelidiki lebih lanjut.

Langkah 2: Jika anda dapat mendeteksinya segera hapus semua file yang dianggap malicious atau unwanted software. Google menyediakan petunjuk untuk memperbaiki website anda, kunjungi link berikut: https://developers.google.com/web/fundamentals/security/hacked/

Langkah 3: Tapi jika dengan tool yang anda gunakan anda masih belum bisa mendeteksi adanya malicious atau unwanted software, anda bisa menghubungi dan meminta tim dukungan Google Ads untuk scanning website anda karena mereka punya tool scanner yang sangat canggih. Jangan lupa minta hasil scanningnya.

Langkah 4: Jika anda menggunakan WordPress anda bisa mengganti theme yang anda gunakan saat ini dengan theme yang lainnya. Disarankan juga untuk uninstall semua plugin lalu install ulang kembali semua plugin dengan versi yang paling baru.

Langkah 5: Jika anda sudah membersihkan website anda dari malicious atau unwanted software anda bisa menghubungi kembali tim dukungan Google Ads dan meminta tolong untuk dilakukan scanning kembali agar memastikan website anda sudah benar-benar bersih.

Langkah 6: Jika website anda sudah dianggap bersih biasanya iklan akan otomatis disetujui oleh sistem dalam waktu 24-48 jam. Anda juga dapat mengisi formulir g.co/BantuanIklan.

Jika anda tidak dapat memperbaiki masalah ini atau memilih untuk tidak memperbaikinya, harap hapus iklan anda untuk mencegah akun anda ditangguhkan karena terlalu banyak iklan yang tidak disetujui.