Iklan yang tidak disetujui atau disapproved biasanya disebabkan karena pelanggaran terkait kebijakan Google Ads. Kunjungi halaman kebijakan Google Ads.

Cara Memperbaiki Iklan yang Tidak Disetujui

Cara memperbaikinya tergantung dari pelanggaran yang anda lakukan. Anda bisa cek kolom “status” pada iklan untuk mengetahui alasan kenapa iklan anda tidak disetujui.

Baca juga: Memahami status iklan

Misalnya pada gambar di atas masalahnya adalah “destination not working” artinya ada masalah dengan halaman website anda.

Maka yang harus anda lakukan adalah edit iklannya dan isi field final URL dengan halaman website yang tidak bermasalah.

Setelah selesai di edit, jangan lupa di save. Sehingga iklan akan segera ditinjau kembali.

Iklan anda akan diterima jika dianggap sudah sesuai dengan semua kebijakan Google Ads.

Proses Peninjauan Iklan

Setelah anda membuat atau mengedit iklan atau extension, proses peninjauan akan langsung dilakukan secara otomatis. Semua konten yang ada pada iklan tersebut akan ditinjau termasuk headline, description, keywords, destination, dan images atau video. Selama proses ini, status iklan ada akan menjadi “Under review”.

Jika iklan anda lolos pada fase peninjauan, status iklan anda akan menjadi “Approved” dan iklan siap untuk tayang. Tapi, jika iklan anda masih dianggap melanggar kebijakan, iklan anda akan mendapatkan status “Disapproved” dimana iklan anda tidak akan ditayangkan. Anda juga akan melihat alasan kenapa iklan anda ditolak. Proses peninjauan iklan biasanya dilakukan dalam waktu 1 hari kerja.

Jika iklan anda sudah lebih dari 1 hari kerja masih dalam status “Under review” silahkan isi formulir approval request.

Jika menurut anda iklan anda sudah benar tapi Google menolak iklan anda atau mungkin anda memiliki pertanyaan mengenai kebijakan Google Ads, anda dapat mengisi formulir Disapproved ads and policy questions.

Baca juga artikel lainnya ya...

Profil Penulis

Hai saya . Google Product Expert dan Top Contributor of Google Ads Community sejak 2017. Founder Komunitas Google Ads Indonesia dengan member aktif lebih dari 1500.