Ada 2 faktor utama dalam meningkatkan CTR yaitu relevansi dan visibilitas. Relevansi adalah kesesuaian antara teks iklan dengan kata kunci atau kueri yang orang ketikan di Google. Sedangkan visibilitas adalah kondisi dimana iklan mudah dilihat dan menarik perhatian target audience.

Relevansi

1. Menulis teks iklan yang sesuai dengan kata kunci

Jadikan kata kunci sebagai bagian dari teks iklan terutama pada bagian Headline 1. Anda juga bisa membuat variasi iklan lainnya dengan menggunakan fitur keyword insertion.

2. Menulis teks iklan yang sesuai dengan target audience

Poin ini lebih berkaitan dengan ilmu copywriting. Teks iklan yang anda tulis harusnya sesuai dengan kondisi target market sehingga diharapkan mampu mempengaruhi emosi mereka agar mau mengklik iklan anda.

Visibilitas

1. Memanfaatkan batas karakter yang tersedia

Semakin banyak karakter yang bisa ditampilkan dalam iklan maka semakin baik visibilitasnya. Manfaatkan semaksimal mungkin batas karakter yang tersedia.

2. Menggunakan Extensions

Extensions juga akan mempengaruhi visibilitas iklan. Semakin banyak extensions yang bisa ditampilkan diiklan maka iklan akan semakin terlihat. Utamakan menggunakan extensions yang sesuai dengan produk atau penawaran anda. Saat ini total ada 10 tipe extensions yang bisa anda gunakan.

3. Memberikan kesan urgency dengan fitur countdown.

Anda dapat menambahkan hitungan mundur (countdown) pada iklan untuk sebuah penawaran terbatas agar memberikan kesan urgency.

4. Menyisipkan Call-to-action

Call to action adalah sebuah perintah yang ditujukan kepada orang yang melihat iklan anda. Seperti: Belanja sekarang!, Cek website kami sekarang!, dll.

5. Menggunakan simbol pada teks iklan

Dengan menggunakan simbol membuat iklan anda terlihat lebih beda dari iklan lainnya. Sebagai contoh, iklan berrybenka di bawah ini menggunakan simbol %, *, dan #.

6. Menggunakan format kapitalisasi

Format kapitalisasi maksudnya menggunakan penulisan dengan huruf besar pada huruf pertama di setiap kata.

7. Posisi iklan

Posisi iklan jelas akan mempengaruhi visibilitas iklan anda. Dengan munculnya iklan pada posisi atas di hasil pencarian maka iklan tersebut akan sangat mudah untuk dilihat.

Posisi iklan ditentukan oleh rumus yang disebut Ad Rank yang memberikan skor pada iklan berdasarkan pada bid, kualitas iklan dan landing page, Ad Rank thresholds, search term, dan dampak yang diharapkan dari extensions dan juga format iklan lainnya.

Penjelasan lebih lanjut mengenai Ad Rank akan dibahas di artikel lainnya. 🙂