Hai, hari ini saya mau memperkenalkan sebuah tool yang bernama “Copy URLs Extension”. Ini adalah Google Chrome Extension (tapi ada juga versi firefoxnya) dan tool ini bisa membantu kerja anda dalam meng-copy domain/URLs dari hasil pencarian Google tanpa harus membuka websitenya satu per satu.

Tool ini sering saya gunakan untuk membuat custom audience di Google Ads agar pengerjaannya bisa lebih cepat (nanti saya akan bikin panduannya secara terpisah ya).

Okay sekarang saya akan jelaskan cara instalasi dan penggunaannya.

Klik disini untuk masuk ke halaman extensionnya, lalu klik tombol Add to Chrome.

Nanti akan muncul popup seperti ini, lalu klik Add extension.

Setelah itu, coba ketikan keyword apapun di Google. Jika muncul opsi seperti di bawah ini berarti extensionnya sudah terinstal dengan benar. Untuk meng-copy domain/URLs dari hasil pencarian, centang Select all > klik tombol Copy to clipboard > paste hasilnya di notepad atau media lainnya. Anda juga bisa memilihnya secara manual.

Kalau anda mau meng-copy hasil yang lebih banyak, klik menu Setelan > Setelan penelusuran.

Tentukan jumlah hasil pencarian per halamannya. Jika sudah, lakukan lagi penelusuran di Google untuk memastikan jumlah hasil pencariannya 100 domain/URLs per halaman.

Extension ini juga bisa digunakan pada tab Video.

Untuk menonaktifkan extension ini, klik kanan pada halaman website apapun, nanti disana ada pilihan Copy URLs Extension > Turn on / Turn off.

Versi firefoxnya: https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/copy-urls-extension/

Jika anda menemukan bug, tolong kasih tahu saya lewat form ini, terimakasih 🙂