Fitur location targeting berada pada tingkat campaign, dimana anda bisa menargetkan orang berdasarkan lokasi dimana mereka berada dan orang yang menunjukan ketertarikannya terhadap suatu lokasi tertentu.

Anda bisa menargetkan seluruh dunia, spesifik negara, spesifik kota, bahkan tempat tertentu yang sudah terdaftar pada Google My Business dengan jarak radius dari lokasi tersebut.

Disarankan hanya menargetkan lokasi yang tepat yaitu lokasi dimana target market anda tinggal dan bisnis anda memang siap melayani mereka yang berada di lokasi tersebut. Tapi jika anda belum yakin dimana target market anda berada, anda bisa menargetkan lokasi yang lebih luas dulu misalnya Indonesia dan biarkan campaign berjalan minimal 1 bulan.

Misalnya anda mengetikan bandung. Google akan memberikan pilihan dalam 3 kelompok yaitu:

  1. Matches: lokasi yang sesuai dengan pencarian anda yaitu bandung
  2. Location that include: lokasi yang di dalamnya termasuk bandung
  3. Related location: lokasi yang dianggap memiliki keterkaitan dengan bandung

Lokasi yang ditampilkan Google bisa anda pilih sebagai target atau exclude (lokasi yang anda kecualikan). Contoh: Anda memilih lokasi Indonesia, exclude Papua. Artinya iklan anda akan tayang di seluruh lndonesia kecuali Papua.

Sementara kolom reach merupakan gambaran kasar seberapa banyak orang yang dapat dijangkau oleh iklan anda.

Di bagian advanced search anda bisa menentukan target lokasi berdasarkan nama tempat, alamat, dan titik kordinat Google map dengan jarak radius yang bisa disesuaikan. Fitur ini sangat bermanfaat terutama untuk bisnis lokal seperti restoran, cafe, bengkel, dll.

Anda juga bisa mencari target lokasi secara masal (maksimal 1000 lokasi) dalam waktu yang sama.

Jika ingin menargetkan lebih dari 1000 lokasi, lakukan cara ini berulang-ulang.

Setelah anda memasukan daftar lokasi di kotak pencarian lalu klik tombol search. Maka akan tampil daftar lokasi yang bisa anda target ataupun exclude. Untuk menargetkan semua lokasi pilih target all.