Cara Membaca Laporan Lokasi

Video Transcript:

Dengan membaca laporan lokasi, kamu akan lebih memahami performa iklan berdasarkan lokasi. Kamu bisa melihat provinsi atau kota mana saja yang paling banyak memberikan dampak kepada bisnis kamu. Sehingga, nextnya kamu juga bisa fokus kepada kota-kota tertentu saja.

Dalam video ini, saya akan menjelaskan bagaimana caranya mem-breakdown data lokasi. Jadi skenarionya, misalnya teman-teman yang baru pertama kali menjalankan campaign, mungkin akan menargetkan lokasi Indonesia karena kita belum tahu kota mana saja yang akan memberikan dampak terbesar untuk bisnis. Sehingga kita menargetkannya Indonesia untuk melakukan testing, misalnya 1 bulan ke depan.

Setelah 1 bulan campaign dijalankan, kita akan mendapatkan data-data laporan seperti cost, impression, klik, juga conversion. Dengan laporan ini, kita bisa tahu mengenai penargetan lokasi Indonesia ini sebenarnya menghasilkan konversi berapa dalam 1 bulan terakhir.

Pertanyaannya selanjutnya adalah “bagaimana kalau kita mau tahu data detailnya?“. Misalnya, kita ingin tahu di Indonesia ini, kota mana saja yang memberikan total konversi seperti ini?

2 Cara Breakdown Data Lokasi

  1. Klik langsung pada tulisan Indonesia. Setelah itu, nanti akan muncul pop up narrow by. Di sini, bisa pilih berdasarkan provinsi, kota, dan lokasi lainnya.
  2. Centang lokasi Indonesia, lalu akan muncul narrow by di atasnya. Di sini bisa pilih langsung pilihan lokasinya. Untuk isi dan hasilnya akan sama saja seperti cara 1.

Sebagai contoh, di sini saya akan memilih yang provinsi terlebih dahulu. Setelah itu, nanti akan muncul hasilnya berupa kolom provinsi dari orang-orang yang memberikan result ke iklan kita. Di sini juga, kita bisa mengurutkannya berdasarkan data yang diinginkan. Misalnya conversion.

Caranya, kita hanya tinggal klik pada tulisan conversion, lalu nanti data akan diurutkan dari provinsi yang memiliki conversion paling besar. Jadi, kita akan tahu conversion yang paling banyak ini berasal dari provinsi mana saja.

Atau misalnya mau lebih detail lagi dengan melihat data berdasarkan kota. Jadi, di laporan ini kita bisa lihat di kolomnya ada kota apa saja. Kita juga bisa menargetkan kota-kota yang paling banyak memberikan conversion dengan melihat laporan ini.

Cara Filter Data Berdasarkan Total yang Diinginkan di Google Ads

Filter ini bisa digunakan kalau kita ingin melihat data berdasarkan total yang diinginkan. Contohnya, saya ingin melihat conversion yang lebih dari 3, bisa dilakukan dengan cara:

  1. Klik Add Filter.
  2. Cari “Conversions“.
  3. Pilih operator lebih dari (>).
  4. Dan isi angka 3 pada bagian kolom kosong.

Setelah itu, nanti akan muncul beberapa kota yang sesuai dengan hasil filter. Di sini ada 10 kota yang memiliki conversions lebih dari 3.

Cara Set Lokasi Target di Google Ads

  1. Centang keseluruhan kota yang sudah difilter.
  2. Klik Edit.
  3. Pilih Add targets adn set bid adjustments untuk menambahkan 10 kota tersebut menjadi target lokasi campaign. Kita juga bisa set bid adjustment-nya kalau memang diperlukan.
  4. Klik apply kalau sudah selesai

Kalau sudah menargetkan 10 lokasi tersebut, lihat kembali pada bagian Targeted location. Sekarang bukan hanya Indonesia saja target lokasinya, tapi akan ada 10 kota tambahan yang memberikan conversion terbanyak. Hapus saja lokasi Indonesianya. Jadi, kita bisa fokus ke 10 kota yang tadi saja. Sepeti itulah cara mem-breakdown data lokasi. Semoga bermanfaat.

Transcript ini ditulis oleh Aulia, jika terdapat ketidaksesuaian antara video dan transcript, beritahu kami pada kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Comment