Video Transcript:

Pada video ini, saya mau membahas tentang device targeting. Kita langsung mulai saja ya. Pertama, kita bisa masuk ke campaign-nya, lalu memilih menu Devices. Nah, pada bagian ini kita bisa melihat devices apa saja yang kita targetkan.

Penjelasan ini saya khususkan untuk search campaign. Karena, pada display campaign akan ada sedikit perbedaan. Untuk menentukan device-nya, akan menjadi lebih detail. Misalnya, bisa berdasarkan operating system atau pun device modelnya.

Tapi, untuk search campaign tidak akan sampai sedetail itu. Pada search campaign, kita hanya bisa menentukan kategori:

  • Mobile
  • Komputer
  • Tablet

Kasusnya seperti berikut. Pada kondisi tertentu, bisa saja kita ingin iklan tayang di device tertentu saja. Jadi tidak tampil di 3 device sekaligus. Misalnya, kita hanya ingin fokus di mobile, di komputer atau tablet saja. Bagaimana sih caranya?

Cara Menayangkan Iklan di Device Tertentu

Mungkin di awal-awal teman-teman masih bingung dan bertanya-tanya “saya mau fokus di mobile atau di komputer saja, ya?“. Saran saya, sebenarnya bisa jalan dulu seperti biasa agar iklannya bisa tayang di semua device. Nah, nanti setelah jalan 1 bulan, kita bisa melihat datanya. Karena setelah iklan tayang, kita bisa melihat laporan device mana saja yang memberikan conversion.

Misalnya, jika kita tidak ingin tayang iklannya di tablet, caranya adalah dengan melakukan decrease bid.

  1. Pilih device tablet, pada kolom bid adjustment, pilih decrease.
  2. Isi dengan 100%. Dengan mengisi 100%, itu artinya bidnya menjadi 0. Dan jika bid 0, berarti otomatis iklan tidak akan tayang.

Mudah, bukan?

Begitu pun jika kita tidak ingin iklan tayang di komputer. Kita bisa melakukan decrease bid dan mengisi 100%.

Tapi, jika misalnya kita ingin membuat iklan menjadi lebih agresif di device mobile ketika ada orang mencari keyword yang kita targetkan di mobile atau smartphone, kita bisa mencoba menaikkan bidnya menjadi 50% misalnya. Dengan begitu, iklan kita akan menjadi lebih agresif dan menjadi lebih bisa bersaing dengan iklan-iklan kompetitor. Karena yang menjadi faktor iklan bisa bersaing, salah satunya adalah dari bid.

Seperti itu cara menentukan atau menyesuaikan penargetan pada level device. Semoga bermanfaat.

Mau dapat updatean materi terbaru dan dikirim langsung ke emailmu? Lengkapi form di bawah ini, lalu klik tombol "Ya saya mau...".

Nama panggilan:

Email:

Sapaan:

*Kalau emailnya tidak bisa dipakai register, artinya email tersebut sudah terdaftar.

Artikel ini ditulis dalam category Google Ads dan terakhir diupdate pada tanggal 28-11-2020. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tulis pertanyaannya pada kolom komentar.