Video Transcript:

Di video kali ini saya akan membahas mengenai Google Ads Editor. Video ini cocok untuk kamu yang belum pernah menggunakan Google Ads Editor untuk membuat campaign. Dan di sini saya mau menjelaskan benefit, cara menginstal dan sedikit contoh bagaimana cara menggunakan Google Ads Editor.

Google Ads editor adalah tool gratis dari Google yang bisa kamu gunakan untuk melakukan berbagai perubahan secara masal, seperti membuat campaign dalam jumlah yang banyak, atau melakukan perubahan terharap keyword, ads, bid dll dalam jumlah yang banyak.

Teman-teman bisa mengakses halamannnya dengan mengetikkan “google ads editor” di Google dan klik website pertama yang muncul. Tapi bukan yang iklan ya. Pilihan pertama dari hasil pencarian organik. Klik saja, nanti kamu akan diarahkan ke halaman utama Google Ads tapi di menu yang Advance yaitu halaman Google Ads Editor.

Dari halaman Google Ads Editor ini, kita akan tahu bahwa Google Ads Editor memang digunakan untuk melakukan perubahan di level campaign atau di ad group, iklan, keyword, bid dan seterusnya yang bisa kita ubah di tampilan platform Google Ads hanya saja bisa sangat mudah dilakukan dalam jumlah yang banyak.

Kemudian di sini, teman-teman bisa download juga software aplikasi Google Ads Editor untuk diinstal di Windows atau Macintosh dengan mengklik tombol “Download Google Ads Editor” atau klik link ini.

Cara Kerja Google Ads Editor

Berjalan secara offline

Campaign yang kita punya di tampilan platform Google Ads akan di-download melalui software aplikasi Google Ads Editor yang sudah diinstall di PC. Lalu kita bisa mengelolanya secara offline. Jadi, akan lebih cepat.

Jadi, misalnya menduplikat atau memasukkan banyak keyword dari Excel atau Google Sheet ke dalam Google Ads Editor, itu bisa dilakukan dengan sangat cepat karena memang kerjanya offline.

Alat Pengeditan Massal

Selain itu memang dibuat khusus untuk bulk action ya. Jadi, kalau kita mengelola keyword dalam jumlah ratusan atau bahkan ribuan, tentu akan sangat dan jauh lebih mudah ketika kita menggunakan Google Ads Editor. Jadi, waktu pengerjaannya akan lebih cepat.

Review Perubahan Sebelum Post

Kita juga bisa me-review terlebh dahulu setelah melakukan perubahan dan sebelum klik publish agar bisa terkirim dan ter-update ke Google Ads. Review ini bertujuan untuk melihat apakah kita sudah oke, cocok atau sesuai dengan yang kita inginkan. Jika sudah pas, kita bisa langsung post atau publish.

Melihat Statistik Performance

Kemudian kita juga bisa menarik data matrik seperti CTR contohnya jika memang membutuhkannya dan bisa kita lihat di Google Ads Editor.

Itulah kurang lebih beberapa gambaran dan benefit dari bagaimana Google Ads Editor Bekerja. Untuk lebih detail lagi, kita bisa langsung praktekkan langsung melalui software aplikasi yang sudah diinstal.

Belajar Google Ads Editor

Sebelum memulai prakteknya, teman-teman bisa coba untuk instal software aplikasi Google Ads Editor terlebih dahulu. Untuk ukuran aplikasinya ringan ya. Dan interface di Windows atau Mac sama saja.

Cara Memasukkan Campaign ke Google Ads Editor

  1. Akses Google Ads Editor.
  2. Klik tombol +Add.
  3. Login ke dalam akun Google melalui browser chrome atau aplikasinya secara langsung.
  4. Pilih campaign yang ingin dimasukkan dengan mencarinya lewat kolom search.
  5. Klik tombol OK.
  6. Download campaign yang diinginkan. Di bagian ini, akan ada pilihan untuk memilih campaignnya. Bisa pilih download semua (All campaigns) atau campaign yang kamu inginkan (Campaign I select).
  7. Klik tombol OK.
  8. Tunggu hingga proses download selesai.

Interface Gooogle Ads Editor

Bagian di sebelah kiri atas, adalah bagian dari campaign atau ad group dan ditampilkan dalam bentuk strukturnya. Jadi, kalau kita mau search bisa kita cari melalui kolom pencarian yang ada di atasnya.

Bagian di sebelah kiri bawah, di sini ada bagian Manage. Kita bisa masuk ke dalam detailnya lagi. Misalnya di atas tadi kita sudah memilih campaign, di sini kita bisa melihat account level, keyword, dan lain-lain.

Bagian di tengah interface, untuk melihat detail dari bagian yang kita pilih di bagian Manage. Misalnya kita mengklik campaign, nanti akan muncul campaign apa saja yang ada.

Bagian di sebelah kanan, adalah bagian pengaturan dari campaign yang dipilih. Di sini sama seperti yang ada di Google Ads. Kita bisa mengubah budget, strategi, bid, dan lain-lain.

Teman-teman juga bisa melihat contoh lainnya misalnya Ad Group. Caranya klik campaign yang diinginkan, klik Ad groups. Untuk mengubahnya, bisa klik Ad groupnya dan ubah detailnya di bagian yang sebelah kanan.

Jadi, untuk langkah-langkah mengubah detail campaign di Google Ads Editor adalah:

  1. Klik campaign di bagian sebelah kiri atas
  2. Pilih bagian yang ingin diubah dengan klik di bagian manage
  3. Pilih detailnya di bagian tengah
  4. Ubah pengaturannya di sebelah kanan

Jika teman-teman ingin mengubahnya ke settingan sebelumnya, bisa klik saja shortcut Ctrl+Z di keyboard.

Sebenarnya ini tinggal disesuaikan saja dengan kebiasaan menggunakan tool Google Ads Editor ini. Saya juga karena sudah terbiasa. Teman-teman bisa membiasakan saja dengan mempelajari yang saya jelaskan di sini. Mungkin di antara teman-teman juga ada gaya yang berbeda-beda cara menggunakannya ya tidak masalah. Yang penting, apa yang teman-teman lakukan itu terbantu karena lebih cepat dengan menggunakan Google Ads Editor.

Silahkan di-explore interfacenya untuk mengetahui fungsi-fungsi dari setiap menunya. Apa yang kita lihat di sini sebenarnya sama saja dengan apa yang ada di platform Google Ads. Hanya saja yang berbeda adalah:

  • Interface
  • Cara Kerja Offline dan Online

Tips Mengubah atau Menambah Ads di Google Ads Editor

  • Pastikan masuk ke menu Ads yang ada di bagian Manage
  • Harus jelas Ad group mana yang akan digunakan
  • Bisa copy paste kalau sudah ada di excel atau Google Sheet
  • Bisa mengisi manual juga dengan klik +Add

Jadi, gambarannya seperti itu dan masih ada banyak fitur-fitur lainnya yang nanti bisa saya jelaskan secara terpisah.

Contoh Study Case

Di sini kita akan coba praktek di bagain keyword. Jadi bisa pilih dahulu Ad Group harga yang berada dan di atas. Lalu, pilih keywords di bagian Manage.

Study Case 1

“Di sini ada 4 keyword yang tipenya broad, misalnya ingin kita ubah keempat keyword ini menjadi broad match modifier dengan menambahkan tanda plus.”

Bagaimana caranya? Ini akan menjadi lebih cepat pastinya ya.

Cara menambahkan text sebelum keyword:

  • Blok semua keywordnya
  • Klik panah ke bawah yang ada di sebelah Replace text
  • Pilih Append text
  • Centang Keywords pada bagian Fields
  • Di bagian Add isi text-nya (di sini saya beri tanda +)

Lalu bagaimana jika kita ingin menambah + juga pada kata kedua, ketiga dan keempat?

Caranya hampir sama seperti sebelumnya:

  1. Blok semua keywordnya
  2. Klik panah ke bawah yang ada di sebelah Append text
  3. Pilih Replace text
  4. Centang Keywords pada bagian Fields
  5. Pada bagian Find text, isi dengan spasi
  6. Pada bagian Replace with isi dengan ” +” ([spasi]+)
  7. Klik tombol OK

Jadi, akan lebih mudah dan cepat ketika kita menggunakan Google Ads Editor.

Study Case 2

“Bagaimana caranya jika kita ingin menduplikat Ad group harga dan mengubah salah satunya menjadi promo?”

  1. Pada bagian Manage, cari “ad group”
  2. Duplicate ad group yang ada di bagian tengah dengan cara klik shortcut Ctrl+C dan Ctrl+V
  3. Ubah nama Ad groupnya menjadi Promo
  4. Perhatikan pada bagian sebelah kiri atas, Ad group baru yang bernama Promo sudah ada

Untuk mengubah keyword yang ada di dalam Ad group menjadi “promo”, teman-teman bisa lakukan dengan cara seperti di Study Case 1. Yaitu dengan replace text dari kata “harga” menjadi “promo”.

Hal ini juga berlaku untuk iklan atau Ads-nya. Jadi iklannya juga bisa diubah kata-katanya. (Kebetulan di saya ga ada Ads-nya, jadi untuk contohnya hanya di keyword).

Cara Publish Campaign dari Google Ads Editor

Kalau sudah selesai, misalnya teman-teman mau publish agar campaign yang sudah diubah di Google Ads Editor dan ingin di-update ke platform Google Ads yang utama, teman-teman bisa lakukan:

  1. Klik pada campaign utama (level teratas) yang ada di sebelah kiri atas
  2. Klik tombol Post yang berada di sebelah kanan atas
  3. Akan muncul pop up yang memberi informasi apa saja yang diubah atau dibuat baru
  4. Klik tombol Post
  5. Jika sudah selesai, akan muncul keterangan dengan kolom Posted yang berwarna hijau

Keterangan:

Jika misalnya pada bagian “Won’t Post” ada yang terisi, teman-teman bisa cek lagi apakah memang ada problem atau bagaimana.

Untuk mengecek apakah memang sudah terupdate ke platform Google Ads yang utama, teman-teman bisa refresh Google Ads-nya dan masuk kembali ke campaign yang sebelumnya sudah dipilih.

Tips:

Jika misalnya kita melakukan perubahan di Google Ads dan teman-teman ingin menggunakan Google Ads Editor kembali, jangan lupa untuk mengunduh kembali perubahannya dengan klik tombol “Get recent changes”. Dan untuk pilihannya ada 2 yang biasa digunakan dan ini bisa disesuaikan dengan banyaknya perubahan yang teman-teman lakukan:

  • Basic, jika perubahannya sedikit
  • More data, jika perubahannya banyak

Di sini saya akan memilih more data. Saat memilih more data, mungkin akan sedikit lama saat menarik datanya karena yang diunduh matriknya juga. Setelah itu pilih Campaign already downloaded.

Jadi, Google Ads Editor-nya juga datanya akan ikut terupdate.

Nah, itulah penjelasan mengenai pengenalan Google Ads Editor. Pada materi berikutnya saya akan menjelaskan mengenai Google Ads Editor lagi dalam contoh yang berbeda. Seperti cara masukkan data melalui Excel atau Google Sheet, penambahan keyword, perubahan bid, dan lain-lain.

Semoga materi ini bermanfaat.

Mau dapat updatean materi terbaru dan dikirim langsung ke emailmu? Lengkapi form di bawah ini, lalu klik tombol "Ya saya mau...".

Nama panggilan:

Email:

Sapaan:

*Kalau emailnya tidak bisa dipakai register, artinya email tersebut sudah terdaftar.

Artikel ini ditulis dalam category Google Ads dan terakhir diupdate pada tanggal 30-11-2020. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tulis pertanyaannya pada kolom komentar.