Cara Agar Iklan Tidak Tayang di Search Partners

Halo semuanya, kembali lagi di podcast Renra Sedoya. Podcast yang membahas pertanyaan seputar Google Ads. Pertanyaan kali ini datang dari Edi Mario. Pertanyaannya, “mohon bantuannya untuk menghapus situs partner google, gimana caranya?“.

Ini maksudnya Google Search Partner kali ya. Jadi, mas Edi ini melihat bahwa hasil dari Google Search Partner ini dia bilang di sini boros dalam anggaran. Jadi, mungkin cost-nya banyak tapi tidak ada konversi yang bagus.

Bicara soal Google Search Partner, yang diaktifkan di campaign search, ini memang sering sekali tidak menunjukan hasil yang optimal terutama dari sisi conversion. Tapi, di beberapa kasus memang ada. Di sebagian kecil campaign yang saya handle itu Google Search Partner juga bisa berkontribusi conversion dengan baik walaupun spending-nya tidak sebanyak di Google.

Cara Melihat Laporan Google Search Partner

Ini untuk yang belum tahu ya, kita bisa breakdown datanya itu di bagian Segment lalu ke Network. Jadi, kita masuk dulu ke campaign-nya lalu lihat level Campaign. Kita bisa masuk dulu sih di Search Campaign atau All Campaign, lalu masuk ke level Campaign kan, akan muncul tabel laporan level Campaign, lalu di situ ada icon Segment, lalu pilih Network.

Nanti di situ akan di-breakdown datanya dari Google Search Network berapa, dari Google Partner berapa dan juga Google Display Network kalau kita juga mengaktifkan Google Display Network di bagian opsi Network pada Campaign Search. Jadi, bisa dilihat performance pada masing-masing network.

Kalau misalnya kita lihat di Google Search Partner cost-nya banyak tapi konversinya sedikit, artinya kita hanya membuang-buang uang di situ. Karena kita mengeluarkan cost yang besar tapi hasilnya tidak bagus. Tapi, kalau misalnya di situ konversinya OK dan cost/conv. juga OK walaupun spending-nya ga terlalu besar, ya menurutku sih gapapa dibiarkan jalan terus saja kalau misalnya hasilnya OK.

Cara Menonaktifkan Google Search Partner

Tapi, kalau memang tidak bagus, tinggal di-off-kan saja. Cara menonaktifkannya tinggal masuk ke menu Campaign, lalu di bagian Setting campaign itu perhatikan bagian Network. Di situ ada pilihan untuk mengaktifkan atau menonaktifkan. Jadi dicentang. Kalau dicentang berarti aktif, tapi kalau misalnya di-uncheck, berarti tidak akan dimunculkan di Google Search Partner.

Begitu juga yang Display. Tinggal dicentang saja. Tapi, best practice-nya atau umumnya, kebanyakan pengiklan itu tidak memilih keduanya, baik itu Google Search Partner maupun Google Display Network pada campaign Google Search.

Jadi, kalau mau membuat iklan Display, ya buat terpisah campaign-nya.

Seperti itu sih untuk caranya ya. Untuk mas Edi Mario, simpel saja gitu ya. Tinggal dilihat dulu tapi datanya seperti apa. Kalau bagus dilanjutkan, tapi kalau sudah pasti tidak bagus ya jangan dilanjutkan.

Oke seperti itu, jangan lupa mampir juga ke website saya renrasedoya.com dan juga channel YouTube saya di youtube.com/renrasedoya. Di sana teman-teman bisa banyak belajar Google Ads dari artikel dan video yang saya sudah publish.

Thank you semuanya, sampai jumpa di podcast selanjutnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: