Iklan Tidak Muncul di Pencarian Google?

Oke teman-teman kembali lagi di podcast Renra Sedoya. Podcast yang membahas pertanyaan-pertanyaan seputar Google Ads. Pada podcast kali ini, saya akan membahas pertanyaan yang datang dari Anisya Suzuki. Jadi, pertanyaannya “Sejak pemasangan iklan tanggal 27, saya coba pencarian pakai kata kunci di browser, tapi tidak pernah muncul iklan saya dari showroom suzukibogor.com.

Jadi, kalau kita pahami dulu dari pertanyaaannya ini, Anisya ini dia mempromosikan showroom atau dealer motor suzuki di Google Ads dan dia melakukan pengecekan di Google kenapa tidak muncul iklannya? Berarti gitu kan ya masalahnya.

Untuk menjawab pertanyaan seperti ini, saya ada beberapa poin yang ingin saya sampaikan dulu biar cara pengecekannya juga benar. Jadi, beberapa orang yang mungkin saya katakan baru memulai beriklan di Google, cara mengeceknya selalu pakai Google. Jadi, cek di Google, ketikkan kata kuncinya yang sesusai dengan produknya, lalu cek muncul atau tidak.

Padahal, kalau kita mempelajari cara kerja Google, itu kan tidak bisa dipastikan akan selalu muncul atau akan selalu tayang iklannya setiap kali kita mengecek di Google. Apalagi kalau Google sudah menerapkan user signal, iklannya hanya akan dioptimasikan untuk tayang di depan orang-orang yang berpotensi untuk convert.

Cara Mengecek Iklan Tayang atau Tidak di Google

Berarti kan, kalau Google tahu kita yang punya iklan, kita akan dianggap bukan potential audience ya, bisa saja tidak diprioritaskan. Tapi, terlepas dari itu semua, cara pengecekkannya itu harus dilakukan dari dashboard.

Jadi, jangan pernah dicek di Google. Jadi, selalu ceknya di dashboard, lihat pada tabel laporan.

Tapi, karena ini masalahnya kenapa sudah pasang iklan tapi tidak tayang? Asumsikan saja Anisya ini sudah mengeceknya di dashboard, tapi tidak tayang. Itu lalu bagaimana lagi?

Kenapa Iklan Tidak Tayang?

Yang pertama, setelah cek di dashboard :

  • Pastikan status iklan, keyword dan campaign-nya tidak bermasalah. Artinya kalau iklannya statusnya ditolak ya sudah pasti tidak akan tayang.
  • Atau bisa saja ternyata keyword yang digunakan ini low search volume semua.
  • Jarang tayang karena low quality score.
  • Karena kekurangan bid.
  • Campaign salah setting, statusnya masih pending, bukan tayang hari ini, tapi besoknya baru tayang.
  • Status campaign ended.
  • Pastikan saldo masih ada atau tidak.

Hal-hal Itu juga bisa menyebabkan iklannya tidak tayang.

Ini kenapa saya ada penjelasan telalu mendasar? Karena dari pertanyaan ini, saya menilai yang bertanya juga masih pemula. Artinya, kadang-kadang tidak melihat saldo, mungkin saldonya belum masuk. Misalnya, dia transfer tapi karena transfer itu bisa masuknya setelah 3 hari, ternyata saldonya belum masuk dan iklannya jadi tidak jalan.

Terus yang sering terjadi juga pemilihan date range atau rentang tanggalnya yang ada di sebelah kanan atas itu salah. Jadi, harusnya dicek misalnya ingin tahu hari ini, dia tidak memilih today tapi beberapa hari sebelumnya dimana rentang tanggalnya itu di saat campaign belum dibuat. Nah, itu tidak akan muncul juga datanya.

Kalau itu semua sudah benar, status iklan sudah diterima, keyword juga eligible, tidak ada masalah, campaign juga statusnya aman, saldo juga ada, rentang tanggal benar, nah, kita lihat kolom Impression atau kolom tayangan.

Jadi, pertama lihatnya di kolom tayangan saja untuk memastikan hari ini tayang atau tidak. Tidak perlu kita melihat di Google lagi iklannya. Yang kita butuhkan datanya saja, seperti:

  • berapa kali iklan tayang,
  • berapa kali iklan diklik,
  • berapa orang yang convert, dan
  • biaya akuisisinya berapa.

Seperti itu saja, lihat yang ada di dashboard saja.

Jadi, karena kita menggunakan Google, tentunya harus percaya dong dengan data yang diberikan oleh Google. Nah, sebenarnya kalau masalah ini, Google sudah ada tool yang disiapkan yaitu Ad Preview & Diagnosis Tool untuk melihat tampilannya di Google seperti apa.

Tapi, ini tidak mempengaruhi impressison. Kalau kita ceknya di Google dan memang muncul, atau diklik misalnya, itu sudah mempengaruhi hasil impression dan klik tentunya. Jadi, berpengaruh terhadap data yang ditampilkan di dashboard, di tabel laporan.

Tapi, kalau pakai Ad Preview & Diagnosis Tool, ya itu tidak akan berpengaruh datanya. Jadi bisa coba pakai itu.

Kemudian juga untuk teman-teman yang baru buat iklan, itu kan ada fase under review, jadi under review pun bisa butuh waktu kurang lebih sampai satu hari kerja.

Tapi, seringnya tidak sampai satu hari sih bisa sampai beberapa jam. Tidak satu hari kerja. Walaupun hari minggu misalnya, tetap bisa dan bahkan jauh lebih cepat dari itu bisa beberapa jam sudah bisa tayang kok.

Artinya, ini terkait dengan status tadi. Pastikan sudah diterima iklannya.

Oke, mudah-mudahan saya bisa menjawab ya masalah dari Anisya. Seperti itu saja sebenarnya kalau masalah iklan tidak muncul. Mudah-mudahan bisa bermanfaat.

Dan jangan lupa untuk mampir juga di blog saya renrasedoya.com untuk melihat tutorial-tutorial yang terkait dengan Google Ads, Google Tag Manager dan Google Analytics.

Thank you.

Leave a Comment

%d bloggers like this: