Akun Kena Suspend Terus, Solusinya Bagaimana?

Kembali lagi di podcast Renra Sedoya. Podcast yang menjawab pertanyaaanmu tentang Google Ads.

Pertanyaan kali ini dikirim oleh Bouston Tehendy. Pertanyaannya, “Hai, kak, kalau akun Google Ads kena suspend, terus buat akun baru di browser yang berbeda, tapi dengan koneksi internet yang sama dan komputer yang sama apakah masih bisa? Dan kalo kena suspend Google, apakah Google mencatat IP internet kita dan hardware PC kita? Karena saya coba buat akun kena suspend lagi.

Nah, ini pertanyaannya masih seputar akun yang kena suspend. Hanya saja, untuk masalah dari Bouston Tehendy ini, dia ga kasih tahu suspend-nya karena apa. Jadi, intinya dia ingin membuat akun baru lagi. Tapi kok di-suspend terus?

Di sini saya akan coba jawab dari dua versi jawaban. Jawaban dari cara yang disarankan oleh Google, jadi jalur lurusnya, jalur Google-nya. Dan juga cara alternatifnya. Tentu cara alternatif ini tidak direkomendasikan oleh Google. Cuma karena saya kan bukan orang Google, jadi ya bolehlah ya memberikan saran itu.

Cara Mengatasi Akun Suspend

Jawaban dari Google tentu saja harus lewat aju banding. Selalu pasti disarankannya lewat itu. Jadi, tinggal mengakses url g.co/bantuanakun. Nah, itu bisa ketemu form-nya untuk mengajukan banding.

Atau bisa juga dengan cara menghubungi Tim Support. Nanti akan diarahkan bagaimana cara aju banding atau bisa juga dibantu eskalasinya.

Masalahnnya, proses aju banding itu:

  1. Memakan waktu yang berhari-hari.
  2. Hasilnya pun bisa saja ditolak lagi.

Ini gimana nih solusinya buat teman-teman yang merasa tidak melakukan pelanggarana, tapi Google juga selalu mensuspend akunnya dan di sisi lain tetap ingin beriklan di Google?

Kalau jalur utamanya, jalur yang disarankan Google sudah jelas ya, ajukan banding. Kalau misalnya ditolak, ya harus berusaha lagi ajukan banding 1 atau 2 minggu ke depan.

Tidak bisa besoknya langsung ajukan banding lagi. Itu malah tambah ditolak. Karena sebelumnya kan baru saja sudah mengajukan banding. Jadi, harus ada jeda 1-2 minggu baru boleh mengajukan banding lagi dengan dokumen yang lebih lengkap misalnya.

Cara Alternatif Mengatasi Akun Suspend

Tapi, kalau solusi itu sulit atau tidak mau dijalankan, nah saran saya pakai solusi alternatif, yaitu minta temannya atau saudaranya membuatkan akun.

Cara ini sebenarnya sudah beberapa kali saya berikan kepada beberapa orang dan berhasil. Maksudnya, bisa setelah menjalankan ini.

Tapi, saya juga tidak mau kasih garansi apapun. Jadi, biarkan teman atau saudara yang jauh yang melakukannya. Saudara jauh itu artinya kita tidak ada saling kirim e-mail gitu maksud saya. Jadi, tidak ada kaitannya nih antara data yang digunakan di akun baru itu dengan data yang kita punya.

Jadi, biarkan saudara jauh atau teman jauh, minta tolong, kita guide saja lewat Zoom atau lewat Google Meet. Cara daftarnya seperti ini, biarkan mereka yang daftar.

Kalau bisa bahkan biarkan mereka yang jalankan dulu iklannya. Kita bantu dari jarak jauh kita kasih tahu cara beriklan itu seperti apa. Jadi, biarkan jalan dulu.

Tentu saja pada proses menjalankan iklan juga tidak boleh website-nya sama. Jadi, totally different, benar-benar kita itu seolah-olah menjadi orang yang berbeda. Data akunnya beda, cara pembayarannya juga pakai nomor yang berbeda. Hingga akhirnya kalau itu memang sudah jalan, mau ga mau kan kita juga yang akan mengerjakan.

Kalau saya sarankan harus ganti semua perangkat sih sebenarnya lebih bagus ya kalau memang bisa. Jadi, dari laptopnya beda, apalagi koneksinya sampai beda. Jadi benar-benar 100% kalian jadi orang yang berbeda dari sebelumnya.

Tapi, di beberapa kasus, sebenarnya ketika dipakai lagi dengan orang yang itu karena memang sebelumnya sudah pernah jalan iklannya, itu bisa. Di beberapa kasus yang pernah saya jumpai gitu, ga ada masalah.

Jadi, paling tidak boleh dicoba juga cara itu. Kalau mau paling ekstrim ya benar-benar seperti tadi, semuanya dibedain sampai ada yang memang sengaja beli lagi laptop untuk hal itu tuh ada. Tapi, ini kan jangan sampai terlalu ekstrim sarannya. Kalau harus beli laptop, harus ganti internet provider atau segala macamnya, terlalu ekstrim.

Ya, paling tidak proses pembuatan akun barunya itu jangan dilakukan dari sisi kita. Tapi biarkan dari sisi teman atau orang lain dan kalau bisa juga biarkan jalan dulu beberapa waktu campaignnnya di akun tersebut dengan nomor kartu kredit atau metode pembayarannya juga jangan yang ada kaitannya. Jadi, benar-benar berbeda.

Oke, seperti itu ya paling solusi yang bisa saya sampaikan untuk masalah yang sedang dialami oleh Bouston Tehendy. Mudah-mudahan bermanfaat dan kalau teman-teman ada pertanyaan juga bisa kirim e-mail ke renrasedoya@gmail.com dan jangan lupa mampir juga di blog saya renrasedoya.com.

Sampai jumpa di podcast selanjutnya.

Leave a Comment

%d bloggers like this: