Dengan UTM parameter anda dapat melacak interaksi visitor lewat URL website anda.

Contoh: Anda menyisipkan link promosi di email marketing. Kemudian dengan Google Analytics anda ingin melacak beberapa informasi tertentu dari link promosi tersebut.

Dengan memberikan UTM parameter pada link promosi tersebut, anda dapat menentukan secara spesifik nama sumbernya, medianya, dan juga nama campaignnya.

Misalnya nama sumbernya adalah email, medianya adalah link promosi, nama campaignnya adalah promo akhir tahun.

Salah satu hal unik dari UTM parameter adalah walaupun link promosinya anda share dimanapun (baik itu di email, website, facebook, atau yang lainnya) tapi informasi yang dikirim akan selalu tetap sesuai dengan nama source, medium, dan campaign yang anda tentukan diawal.

Okay, sekarang kita langsung praktek saja ya membuat UTM parameternya.

Caranya, kunjungi Campaign URL Builder. Isi field website URL, campaign source, campaign medium, dan campaign name dengan informasi yang sesuai dengan website dan campaign anda. Perlu diperhatikan bahwa field website URL adalah halaman yang akan dikunjungi setelah orang mengklik link promosi anda.

Lihat contoh yang saya tulis di bawah ini.

Campaign URL Builder

Pada bagian bawahnya, anda akan melihat UTM parameter dalam format yang panjang. Anda bisa convert menjadi format yang lebih pendek dengan mengklik tombol Convert URL to Short Link.

Campaign URL Builder

Jika sudah berhasil di convert, klik tombol Copy URL. Silahkan gunakan URL tersebut untuk anda sisipkan di dalam konten email marketing anda.

Campaign URL Builder

Anda juga bisa mengetesnya dengan cara akses URL tersebut pada browser. Setelah itu, login ke Google Analytics lalu masuk ke menu Realtime > Traffic Sources.

Google Analytics

Di sana anda akan melihat data Source, Medium, dan Campaign dari URL yang sebelumnya anda kunjungi. Informasi tersebut dikirim ke Google Analytics lewat UTM parameter yang anda buat sebelumnya.

Google Analytics

Kedepannya semua informasi tersebut dapat anda lihat di menu Acquisition > All Traffic > Source/Medium. Di sana anda bisa melihat banyak metric seperti jumlah user, session, bounce rate, bahkan sampai data conversion yang bersumber dari link UTM parameter tersebut.

Google Analytics

Sip, semoga artikel ini bermanfaat buat anda 🙂

Jika anda yang ingin ditanyakan, silahkan tulis pertanyaannya pada kolom komentar.