Ada perbedaan cara membaca saldo terutang dan sisa kredit pada pembayaran otomatis dan manual. Berikut penjelasannya:

Untuk masuk ke halaman ringkasan pembayaran caranya klik menu Tools > Pilih Billing & payments.

Akun dengan pembayaran otomatis

Nominal yang diberi kotak merah adalah saldo anda.

Jika nominal tersebut bernilai positif maka itu adalah jumlah saldo terutang yaitu jumlah biaya yang sudah habis digunakan untuk beriklan dan anda harus membayar sebesar jumlah tersebut ke Google.

Tapi jika nominal tersebut bernilai negatif, contoh: -IDR 154,193 maka itu adalah jumlah biaya yang anda bayarkan tapi belum habis digunakan untuk beriklan. Nilai ini bukan jumlah hutang yang harus anda bayar ke Google.

Akun dengan pembayaran manual

Nominal yang diberi kotak merah adalah sisa kredit anda.

Jika nominal tersebut bernilai positif maka itu adalah jumlah yang sudah anda bayarkan ke Google tapi belum digunakan untuk biaya beriklan.

Tapi jika nominal tersebut bernilai negatif, contoh: -IDR 1,571,025 maka itu adalah jumlah terutang anda yang harus anda bayarkan ke Google.

Ada beberapa skenario yang menyebabkan nilai negatif pada pembayaran manual, antara lain:

Skenario 1
Pada tanggal 1 ada saldo masuk sebesar Rp100.000. kemudian tanggal 2 terjadi trasaksi keluar (cost) senilai Rp10.000. Jika pemilik akun meminta pihak bank untuk menarik saldonya kembali maka pada akun akan tercatat -Rp10.000.

Skenario 2
Pada tanggal 1 ada saldo masuk sebesar Rp100.000 (bukan saldo yang diisi oleh pemilik akun). kemudian tanggal 2 terjadi trasaksi keluar (cost) senilai Rp10.000. Jika Google mendeteksi adanya kesalahan sistem atas saldo yang masuk ke akun tersebut maka pada akun akan tercatat -Rp10.000.