Dengan negative keyword anda dapat mencegah iklan tayang pada kata pencarian yang tidak tepat, sehingga iklan hanya tayang pada orang yang memang sedang mencari produk yang anda jual.

Contoh: Jika Anda menjual mobil baru, tentu anda tidak ingin iklannya tayang pada orang yang sedang mencari mobil bekas. Dalam kondisi seperti itu, anda perlu memiliki negative keyword seperti bekas, second, seken.

Negative keyword akan mengabaikan close variant (kata lainnya yang dianggap relevan). Contoh: Anda menggunakan kata bekas sebagai negative keyword, maka iklannya tidak akan tayang jika ada orang yang mencari mobil bekas, tapi iklan tetap tayang terhadap kata pencarian seperti: mobil second, mobil seken, mobil bkas, dll.

Ada 3 jenis negative keyword yaitu negative broad match, negative phrase match, dan negative exact match.

Negative broad match

Pada negative broad match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian terdiri dari semua negative keyword, walaupun urutannya berbeda.

Contoh negative keyword: running shoes

Negative phrase match

Pada negative phrase match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian mengandung kata yang sama persis dan berurutan dengan negative phrase match. Iklan bisa tayang jika kata pencarian merupakan negative phrase match yang tidak berurutan.

Contoh negative keyword: “running shoes”

Negative exact match

Pada negative exact match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian sama persis dengan negative exact match.

Contoh negative keyword: [running shoes]

Cara membuat negative keyword

Klik campaignnya > lalu klik menu Keywords.

Klik tab Negative keywords > lalu klik tombol Plus.

Pada halaman tersebut, anda akan melihat 2 opsi yaitu:

  • Membuat negative keyword langsung pada tingkat campaign atau ad group.
  • Mengelompokan negative keyword dengan menggunakan negatif keyword list.

*Saya menyarankan untuk menggunakan negatif keyword list.

Anda juga dapat membuat negative keyword melalui menu Tools > Pilih Negative keyword lists.

Jika campaign anda sudah running, anda bisa membuat negative keyword dari tab search term. Caranya: Pilih campaign / ad group > Klik menu Keywords > Klik tab Search terms > Centang keyword yang tidak sesuai > Klik Add as negative keyword.

*Secara default, keyword yang di add akan menjadi exact match negative keyword.

Rangkuman

  • Negative keyword berfungsi untuk mencegah iklan tayang pada kata pencarian yang tidak sesuai dengan produk anda.
  • Karena negative keyword akan mengabaikan close variant, maka anda perlu memasukan kata sinonim, misspelling, singular & plural (khusus bahasa inggris), dan jenis close variation lainnya. Contoh: negative keyword [bekas & murah] tidak sama dengan [bekas dan murah].
  • Semakin banyak negative keyword maka semakin mempersempit jangkauan iklan.
  • Pada negative broad match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian terdiri dari semua negative keyword, walaupun urutannya berbeda.
  • Pada negative phrase match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian mengandung kata yang sama persis dan berurutan dengan negative phrase match.
  • Pada negative exact match, iklan tidak akan tayang jika kata pencarian sama persis dengan negative exact match.
  • Tidak ada jenis negative broad match modifier. Simbol plus (+) pada negative keyword akan diabaikan.
  • Iklan tetap tayang pada kata pencarian yang terdiri lebih dari 10 kata dan negative keyword berada pada kata ke 11 atau lebih dari itu. Contoh: negative keyword anda adalah diskon. Iklan tetap tayang pada kata pencarian tempat penginapan nyaman di area kuta bali harga mudah dan diskon. Karena kata diskon berada pada posisi ke 11 dari kata pencarian.
  • Kata site:www.example.com pada negative keyword akan dihapus. Contoh: [site:www.example.com mobil bekas] maka itu sama artinya dengan [mobil bekas].
  • Cara kerja negative keyword pada campaign display dan video berbeda dengan negative keyword pada campaign search. Baca: Negative keyword pada display campaign.