Google Search Network adalah jaringan website dan apps yang berhubungan dengan sistem pencarian dimana anda dapat menampilkan iklan pada hasil pencariannya. Jenis iklan pada search network seperti text ads, dynamic search ads, call-only ads, dan shopping ads. Jadi Google Search Network itu bukan hanya Google.com saja tapi ada ratusan website yang menjadi bagian dari Google Search Network. Contohnya, ketika anda mencari sesuatu pada website kompas.com maka pada hasil pencariannya bisa muncul iklan seperti di bawah ini. Hal ini karena kompas.com menjadi bagian dari Google Search Network.

Dimana iklan search network dapat ditampilkan?

Iklan anda dapat ditampilkan pada hasil pencarian Google dan juga di website pencarian lainnya saat kata kunci yang anda gunakan sesuai dengan apa yang diketikan oleh pengguna.

Google search sites

Iklan dapat tampil di atas atau di bawah dari hasil pencarian Google. Iklan juga bisa tampil dibagian samping, atas, atau di bawah hasil pencarian di Google Play, Google Shopping, Google Maps, termasuk aplikasi Google Maps.

Google search partners

Search partners adalah website yang tergabung dalam search network yang bermitra dengan Google untuk menampilkan iklan. Search partners membantu memperluas jangkauan search ads ke ratusan website non-Google, termasuk Youtube dan website milik Google lainnya. Pada website search partners iklan anda dapat muncul di hasil pencarian, di halaman direktori, atau di halaman lainnya yang terkait dengan pencarian seseorang.

CTR yang terjadi pada website search partner tidak mempengaruhi Quality Score di Google.com.