Expected clickthrough rate adalah status keyword yang mengukur seberapa besar kemungkinan iklan anda akan diklik saat iklan ditayangkan terhadap keyword tersebut terlepas dari ads position, extensions, dan format iklan lainnya yang dapat memengaruhi visibilitas iklan anda.

Status ini memprediksi apakah keyword yang anda gunakan cenderung akan memberikan klik pada iklan anda atau tidak. Google Ads mempertimbangkan seberapa baik kinerja keyword anda sebelumnya berdasarkan posisi iklan anda.

Expected CTR adalah estimasi berdasarkan asumsi bahwa search term yang diketikan user akan sesuai dengan keywords yang anda gunakan.

Saat auction time (ketika search terms memicu munculnya iklan) Google Ads menghitung expected CTR berdasarkan search terms, tipe device, dan faktor auction-time lainnya.

Ada 3 level status expected CTR yaitu above averageaverage, atau below average.

Jika anda melihat status “average” atau “above average”, artinya tidak ada masalah besar dengan expected CTR terhadap keyword tersebut ketika dibandingkan dengan semua keyword lainnya yang ada di Google Ads.

Tapi jika statusnya “below average” berarti anda harus mempertimbangkan untuk mengubah teks iklan sehingga lebih relevan dengan keyword yang anda gunakan.

Gunakan status ini untuk mengidentifikasi keyword yang mungkin kurang relevan dan memiliki hasil yang kurang bagus.

Expected CTR ini adalah sebuah prediksi berbeda dengan CTR. Expected CTR mempertimbangkan bagaimana kinerja keyword yang ada pada akun anda dibandingkan dengan semua keyword yang ada di akun milik pengiklan lainnya.

Walaupun quality score pada sebuah keyword sudah tinggi mungkin saja memiliki expected CTR yang rendah karena expected CTR bukan satu-satunya yang mempengaruhi nilai quality score. Sehingga melihat faktor yang spesifik lebih membantu anda mengidentifikasi bagian mana yang perlu diperbaiki.

Keyword yang dijeda akan mempertahankan semua nilai terakhirnya (saat keyword tersebut masih aktif). Jadi anda tidak perlu melihat lagi keyword yang sudah dijeda. Fokus saja pada keyword yang masih aktif karena nilainya akan terus diperbarui.