Conversion vs Conversion (by conv. time)

Transcript Video:

Halo kembali lagi dengan saya Renra Sedoya. Di sesi kali ini, saya ingin membahas perbedaan antara matrik Conversion dengan Conversion (by Conv. Time). Jadi, ada 2 matrik yang mungkin teman-teman tahunya atau sering menggunakannya hanya satu saja yaitu, Conversion.

Biasanya, kalau kita menjalankan campaign di Google Ads yang goalnya adalah conversion, tentunya matrik atau kolom yang sering kita lihat itu Conversion ya? Padahal, ada satu matrik lagi yang bernama Conversion (by Conv. Time). Nah, ini saya mau menceritakan apa sih sebenarnya perbedaannya?

Perbedaan Conversion dan Conversion (by Conv. Time)

Ketika kita melihat kolom Conversion, pasti teman-teman sudah bisa menebak ya artinya kita melihat seberapa besar konversi yang didapat dari campaign tersebut. Misalnya kita lihatnya dari level campaign ya.

Tapi, kalau misalnya teman-teman ingin mengetahui berapa banyak konversi yang memang benar-benar terjadi di hari ini atau hari kemarin, kita tidak bisa melihat di kolom Conversion kalau dalam kasus seperti itu.

Kenapa?

Karena kolom Conversion itu perhitungannya sebenarnya cukup unik dan bisa kompleks sebenarnya.

Sebagai contoh misalnya seperti ini:

Ketika kita menggunakan Attribution Last Click, kita gunakan default-nya saja yang mungkin lebih gampang diimajinasikan ya. Last click berarti perhitungannya terjadi conversion misalnya hari ini, data conversion-nya itu akan dikirim di tanggal dimana orang tersebut mengklik atau berinteraksi dengan iklan. Seperti itu ya.

Kalau misalnya di minggu kemarin ada orang yang mengklik atau anggap saja si A mengklik iklan. Tapi dia convertnya itu ternyata di minggu depannya. Dia masuk lagi ke website lalu dia di minggu depannya convert.

Nah, kalau seperti itu kasusnya, datanya itu bukan masuk ke dalam tanggal minggu depan, tapi masuk ke dalam tanggal terakhir kali dia berinteraksi dengan iklan. Itu contohnya kalau kolom Conversion.

Jadi, di kolom Conversion tidak benar-benar menjelaskan berapa banyak konversi yang memang terjadi di tanggal yang kita pilih atau di hari ini misalnya.

Tapi, kalau Conversion (by Conv. Time), ini akan menampilkan konversi yang terjadi pada tanggal yang kita tentukan. Dan dia tidak peduli dengan Attribution Model. Pokoknya, berdasarkan tanggal yang dipilih saja.

Kalau kita pilih date range-nya tanggal 8, berarti berapa banyak konversi yang terjadi di tanggal 8. Kira-kira bisa dapat gambarannya ya?

Jadi, perhitungan konversi yang ada di kolom Conversion dan konversi yang ada di kolom Conversion (by Conv. Time) itu memang berbeda.

Dan matrik Conversion (by Conv. Time) ini memang baru dirilis seingat saya pada tahun 2019. Jadi, sebelumnya kita memang tidak bisa melihat jumlah konversi yang terjadi di tanggal tertentu. Hanya berdasarkan kolom Conversion yang kebanyakan orang lihat.

Kalau masih ada hal yang cukup membingungkan karena lumayan mirip penjelasannya, silahkan komentar saja di kolom komentar dan silahkan jika ada pertanyaan lainnya tulis saja di kolom komentar.

Terima kasih.

Kesimpulan:

Metric Conversions (by conv. time) dirilis Google pada tahun 2019.

Conversion

Kolom conversion menampilkan konversi pada tanggal iklan diklik. Jadi, konversi yang terjadi hari ini tidak selalu masuk ke tanggal hari ini. Nilai ini juga akan terpengaruh oleh attribution model yang kamu gunakan.

Conversions (by conv. time)

Kolom Conversions (by conv. time) menampilkan konversi yang terjadi pada tanggal yang kamu tentukan (walaupun kliknya terjadi bukan pada tanggal tersebut).

Transcript ini ditulis oleh Aulia, jika terdapat ketidaksesuaian antara video dan transcript, beritahu kami pada kolom komentar. Terima kasih.

Leave a Comment

%d bloggers like this: