Auction adalah proses Google melelang slot iklan kepada pengiklan sebagai peserta lelang. Dengan proses auction Google akan menentukan iklan mana yang harus ditayangkan dan diurutkan berdasarkan peringkat masing-masing iklan. Iklan dengan peringkat tertinggi akan mendapatkan posisi teratas.

Baca: Apa itu ad rank & faktor apa saja yang mempengaruhinya?

Proses auction terjadi setiap kali orang melakukan pencarian di Google. Iklan yang layak untuk ditayangkan akan langsung diikutsertakan dalam proses auction. Tapi, karena terbatasnya slot iklan, maka tidak semua iklan yang ikut dalam proses auction bisa tayang di hasil pencarian Google.

Proses Auction

Perhatikan gambar berikut ini.

action process

Penjelasan untuk gambar di atas:

  1. Saat seseorang melakukan pencarian, Google akan menemukan semua iklan yang related dengan kata pencarian tersebut.
  2. Google menyeleksi iklan yang tidak layak tayang yang disebabkan karena penargetan yang tidak sesuai atau iklan tersebut ditolak karena melanggar kebijakan.
  3. Google menentukan mana saja iklan yang harus ditayangkan dan urutan posisi untuk iklan tersebut. Iklan dengan Ad Rank tertinggi akan diposisikan pada urutan teratas.
Karena tingkat kompetisi yang selalu berubah pada setiap proses auction maka sangat normal jika posisi iklan anda selalu berubah-ubah bahkan bisa saja tidak tayang pada tingkat kompetisi tertentu.

Mau dapat updatean materi terbaru dan dikirim langsung ke emailmu? Lengkapi form di bawah ini, lalu klik tombol "Ya saya mau...".

Nama panggilan:

Email:

Sapaan:

*Kalau emailnya tidak bisa dipakai register, artinya email tersebut sudah terdaftar.

Artikel ini ditulis dalam category Google Ads dan terakhir diupdate pada tanggal 27-08-2019. Jika ada yang kurang dimengerti, silahkan tulis pertanyaannya pada kolom komentar.