Budget Minim Tapi Mau Dapat Banyak Klik, CPC Murah, & Posisi Iklan Tinggi?

Buat kamu yang punya budget minim tapi mau mendapatkan banyak klik, harga CPC yang murah, dan iklan yang sering tayang di atas hasil pencarian, kamu bisa coba beberapa tips di bawah ini.

Skenario 1: Menggunakan automated bid

Campaign dengan budget minim sering kali ditandai dengan status limited by budget. Jika campaignmu seperti ini, coba turunkan bidnya secara bertahap agar bisa mendapatkan klik yang lebih banyak. Dengan menurunkan bid, kamu bisa menurunkan harga CPC sehingga bisa menambah jumlah klik yang kamu dapatkan. Tapi hati-hati, jika bid diturunkan terlalu rendah, maka iklan akan jarang tayang karena tidak cukup kuat untuk bersaing dengan iklan lainnya. Kamu harus menemukan titik terendah untuk bid yang masih aman kamu gunakan. Pastinya kamu butuh waktu beberapa hari untuk menemukan bid yang paling tepat.

Skenario 2: Menggunakan manual bid

Khusus buat kamu yang menggunakan manual CPC (maupun Enhanced CPC), kamu bisa gunakan metrik est. first page bid, est. top of page bid, dan est. first position bid untuk menentukan bid yang ideal pada masing-masing keyword.

Untuk memunculkan metrik tersebut, pastikan kamu berada pada level keyword > klik icon column > Modify columns.

Pada grup Attributes, centang ketiga metrik tersebut lalu klik tombol Apply.

Nanti kamu akan melihat estimasi bid untuk masing-masing keywordnya. Saran saya, pilih saja est. top of page bid agar iklan masih dapat tayang di atas hasil pencarian organik.

Karena kamu menggunakan manual CPC maka kamu bisa merubah bid pada masing-masing keywordnya.

JANGAN LUPA optimalkan quality score, karena quality score yang tinggi bisa menurunkan harga CPC dan meningkatkan posisi iklan.

Baca: Cara Google Menentukan Nilai Quality Score

1 thought on “Budget Minim Tapi Mau Dapat Banyak Klik, CPC Murah, & Posisi Iklan Tinggi?”

Leave a Comment