Google punya sistem yang sangat canggih sehingga dengan kemampuannya ini Google dapat membantu pengiklan untuk menargetkan iklannya pada orang yang tepat. Salah satu bagian terpenting dalam penargetan iklan adalah pengiklan mampu menargetkan orang yang berada pada lokasi tertentu seperti negara, kota, radius dan orang yang memiliki ketertarikan terhadap suatu lokasi tertentu.

Cara Google mengetahui orang sedang berada di lokasi tertentu

Google menentukan lokasi seseorang berdasarkan informasi yang ditangkap dari jaringan internet, komputer atau perangkat lainnya.

1. IP address

Informasi lokasi bisa ditentukan dari IP address yang digunakan oleh pengguna. Jika device terhubung ke jaringan Wi-Fi, Google bisa mengambil informasi dari IP Address dari jaringan Wi-Fi tersebut. Jika mobile device terhubung ke mobile carrier’s proxy server, Google bisa menggunakan carrier IP untuk menentukan lokasi device tersebut.

2. Device location

Google juga bisa menentukan lokasi berdasarkan informasi yang diambil dari device tersebut seperti GPS, Wi-Fi, Bluetooth, dan Google’s cell ID (cell tower) location database.

Cara Google mengetahui orang yang tertarik pada lokasi tertentu

Google menentukan ketertarikan seseorang terhadap suatu lokasi berdasarkan:

  1. Search term yang sedang digunakan
  2. History dari pencarian sebelumnya
  3. Orang yang dulu pernah tinggal di lokasi tersebut
  4. Konten atau konteks website yang mereka baca. Ingat! menyebut sebuah lokasi pada website tidak selalu akan menjadi location of interest bagi yang membacanya.
  5. Melakukan pencarian di Google Map
  6. Mengatur custom location pada halaman pencarian Google.com

Hal-hal penting lainnya

  • Pada GDN lokasi yang disebutkan dalam halaman website tidak selalu mengindikasikan location of interest. Begitu juga sebaliknya, Google bisa saja menentukan location of interest bahkan jika lokasi tersebut tidak disebutkan pada halaman website, tapi konteks keseluruhan website menunjukan adanya location of interest.
  • Location of interest tidak tergantung pada lokasi fisik seseorang atau domain Google yang digunakan. Misalnya orang yang tinggal di prancis menggunakan Google.fr menggunakan search term “Hotel in Bali” maka Google menganggap orang tersebut memiliki ketertarikan terhadap Bali.

Baca: Cara Penargetan Berdasarkan Lokasi dengan Fitur Location Option